Daftar Jenis Perizinan


IZIN PRINSIP PENDIRIAN SEKOLAH YANG DISELENGGARAKAN MASYARAKAT (SMA) (PERMOHONAN BARU)
NO DAFTAR SYARAT
FORM
1Surat Permohonan Ijin dari Ketua Yayasan  
2Proposal Permohonan Ijin Prinsip  
3Scan Asli Akta Notaris tentang pendirian Yayasan/Lembaga Penyelenggara Sekolah  
4Pengesahan SK Yayasan dari Kemenkum dan HAM  
5Surat Rekomendasi/Usulan dari Kepala Cabang Dinas Pendidikan *)  
6Susunan Pengurus Yayasan/Lembaga Penyelenggara Sekolah (Terdiri dari SK, Susunan Pengurus yayasan dan Uraian Tugas)  
7Surat Keputusan Ketua Yayasan Penyelenggara tentang Pendirian Sekolah  
8Profil Sekolah  
9Hasil Analisis Studi Kelayakan pendirian SMA  
10Surat Rekomendasi Khusus dari Kementrian Agama dan MUI minimal tingkat kecamatan (Khusus bagi SMA yang berbasis pesantren)  
11Izin Lokasi dari Lembaga OSS 
12Surat Pernyataan akan mentaati perundang-undangan yang berlaku (bermaterai)  
13Surat Pernyataan tidak akan/sedang menempati atau menggunakan fasilitas pemerintah, rumah kantor (rukan), rumah toko (ruko), dan tidak berada pada lingkungan pusat keramaian atau lahan bermasalah (bermaterai)  
14Surat Pernyataan yang menyatakan bahwa data-data sesuai dengan kondisi aslinya (bermaterai)  
15Surat Keterangan tentang penggunaan kurikulum yang akan dipakai (Diverifikasi pada saat komitmen)  
16Surat tidak keberatan dari SMA terdekat yang berada dalam satu Desa/Kelurahan atau Kecamatan (minimal 3 SMA)  
17Surat dukungan dari organisasi profesi di wilayahnya (minimal 3 organisasi): BMPS, PGRI, MKKS SMA dll.  
18Memiliki Tanah/lahan sekolah minimal 2.000 m2 (Lahan yang diajukan harus pada lokasi/hamparan yang sama) (dibuktikan dengan Scan Asli Sertifikat / Akta Jual Beli) 
19Nomor Induk Berusaha (NIB) dari lembaga OSS (Online Single Submission)  
20Memiliki bukti kepemilikan/status tanah (wakaf dan hibah) (Scan Asli) 
21Rencana Induk Pengembangan Sekolah (RIPS)/ Rencana Strategi (Renstra)/Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM)/School Bussines Plan (SBP) *) (Dibuat untuk 4 - 5 tahun) 
22Rencana Kerja Tahunan (RKT)/Program Kerja Sekolah (PKS) tahun berjalan (Tahun Pelajaran pada saat mengajukan ijin) 
23Surat dukungan dari pejabat tingkat kecamatan (muspika) setempat (Camat, Kapolsek, Danramil.)  
24Memiliki dokumen I (KTSP) (Diverifikasi pada saat komitmen) 
25Memiliki dokumen II (Silabus) (Diverifikasi pada saat komitmen) 
26Surat dukungan/ tidak keberatan dari warga sekitar sekolah (minimal 20 orang warga: ada tanda tangan dan FC KTP (diketahui oleh Ketua RT, RW dan Lurah/Kepala Desa)  
27Surat Pengangkatan Kepala Sekolah/Guru (kualifikasi S1/DIV) yang diberi Tugas sebagai Kepala Sekolah (SK Pengangkatan, Ijasah dan Curriculum Vitae)  
28Surat Keputusan Pengangkatan Guru yang dilengkapi dengan Ijasah dan akta mengajar/sertifikat pendidik (SK Pengangkatan, Ijasah dan akta/sertifikat pendidik) 
29Rekap data Pendidik dan Tenaga Kependidikan dilengkapi dengan Pendidikan dan tugas masing -masing  
30Memiliki Kepala Sub Bagian Tata Usaha (1 orang berijasah minimal D-II) (SK Pengangkatan dan Ijasah)  
31Memiliki Caraka/Pesuruh/Satpam minimal 1 orang dengan kualifikasi pendidikan minimal SMP (SK Pengangkatan dan Ijasah)  
32Memiliki ruang kelas/teori dengan luas minimal 63 m2 (minimal 80 % dari jumlah rombel yang akan dibuka) 
33Memiliki Laboratorium Komputer/Bahasa/IPA (Kimia, Fisika dan Biologi) dengan ukuran min 72 m2  
34Memiliki Perpustakaan dengan ukuran standar  
35Memiliki meubelair untuk Kepala Sekolah, guru, tata usaha dan siswa dengan perbandingan 1 : 1.  
36Memiliki sarana penunjang, dengan ukuran yang standar : a. Ruang Kepala Sekolah b. Ruang Guru c. Ruang Tata Usaha d. Toilet e. Asrama / Pondokan bagi SMA berasrama / Ponpes f. Ruang Ibadah (mesjid/musola, dll) (dokumntasikan dalam 1 file PDF) (Khusus bagi SMA yang berbasis pesantren) 
37Memiliki rekening Bank untuk keperluan operasional sekolah atas nama yayasan  
38Memiliki Rencana Kerja Anggaran Sekolah (RKAS) untuk tahun pelajaran berjalan (memenuhi kebutuhan 8 SNP)  
39Memiliki dana operasional untuk pengembangan sekolah sesuai dengan kebutuhan 8 SNP minimal 1 tahun berjalan (Saldo bank minimal 60 % dari total anggaran pada RKAS) 
40Data lulusan SMP/MTs yang tidak diterima di SMA/MA/SMK dalam 1 kecamatan/kabupaten/kota (3 tahun terakhir)  
41Surat Keterangan atau MOU Menginduk ke SMA terdekat yang sudah Ter-Akreditasi  
42Scan Asli Surat Keputusan Perangkat Pengelola Sekolah (Wakasek/Wali Kelas, dll) (SK Pengangkatan, dan akta/sertifikat pendidik) 
43Surat Tugas/Kuasa dari Yayasan Penyelenggara untuk mengurus Ijin Operasional kepada Kepala Sekolah/Wakasek 

 

Kembali

Chatbot Dinas PMPTSP Jawa Barat